Samsung Bantu Laptop Tipis Makin Kencang

KOMPAS.com - Berkat media penyimpanan Solid State Drive (SSD) berbasis memori flash, laptop tipis macam MacBook Air bisa beroperasi dengan gesit tanpa terbelenggu pelannya transfer data, seperti yang terjadi dengan harddisk konvensional.

Nah, Samsung minggu lalu baru saja memperkenalkan produk SSD SM951 untuk laptop tipis yang sanggup mentransfer data dengan kecepatan luar biasa, mencapai 2.150 MB atau lebih dari 2 GB per detik. 

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari PC World, Selasa (13/1/2015), angka itu berlaku untuk kecepatan baca. Kecepatan tulisnya lebih rendah, tapi tetap sangat tinggi dibandingkan produk SSD yang ada saat ini, yakni mencapai 1.550 MB per detik.

Kecepatan transfer data tersebut bisa dicapai melalui penggunaan interface PCIe 3.0 yang empat kali lebih kencang dari SSD berbasis interface Serial-ATA (SATA) yang umum terdapat pada PC desktop. 

Selain kencang, SM951 juga hemat daya. Klaim Samsung menyebutkan bahwa modul SSD tersebut hanya mengkonsumsi daya sebesar 2 miliwatt atau nyaris tak menghabiskan listrik sama sekali saat sedang berada dalam kondisi standby sehingga menghemat baterai.

Penggunaan daya seminim mungkin adalah hal yang penting untuk SM951, mengingat target penggunaannya untuk laptop tipis. 

SSD SM951 telah mulai diproduksi dan diperkirakan bakal mulai bermunculan di produk laptop atau desktop tahun ini. Adapun kapasitasnya akan tersedia dalam tiga pilihan 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.